Rabu, 06 Juli 2011

BBC Buat Berita Bohong: Air Zamzam di Makkah Tercemar

BBC Buat Berita Bohong: Air Zamzam di Makkah Tercemar

Dasar pembual, BBC menyiarkan beritaan bohong dengan menyatakan, air zamzam mengandung bahan berbahaya. Seperti diberitakan media Inggris itu,  air zamzam yang dikemas dalam botol tersebut memiliki kadar arsenik tinggi. Itulah sebabnya, para peziarah diminta untuk mengambil sejumlah sampel air zamzam yang dijual di dalam botol-botol  untuk membandingkan dengan air serupa yang dijual secara illegal di London. Zamzam yang dituding tercemar itu ditemukan di tiga toko buku Islam di London, yaitu London Selatan, London Timur dan Luton.

Belakangan ini, tak dipungkiri, ada gerakan untuk menciptakan kecurigaan tentang kualitas air Zamzam. Hingga saat ini, tidak pernah terbukti, jamaah haji yang meminum air Zamzam, tidak pernah terjangkit penyakit kanker. Kaum muslimin di seluruh dunia meyakini, sumur Zamzam tidak pernah kering lebih 4.000 tahun dan para peziarah menganggap air suci itu memiliki kekuatan yang bisa menyembuhkan penyakit.  Setiap musim haji, jamaah Indonesia mendapat jatah sekitar 10 liter air zamzam untuk di bawa pulang ke Tanah Air.
Menanggapi hal tersebut, Otoritas Arab Saudi menyangkal pemberitaan BBC, yang menyebut air Zamzam di Makkah tercemar, dan minum air suci itu bisa menyebabkan penyakit, seperti kanker. Berita yang membuat heboh umat Islam se-dunia itu akhirnya dapat diredam setelah dikeluarkannya pernyataan resmi dari Zuhair Nawab, Presiden Saudi Geological Survey (SGS), yang menyangkal tuduhan itu. Ditegaskan, bahwa lembaganya telah mengambil langkah-langkah untuk menjamin keamanan sumur maupun kesucian air Zamzam.
 Zuhair Nawab mengungkapkan, organisasinya bertanggungjawab dalam memantau kualitas air Zamzam, tidak hanya menyangkut Arab Saudi, tetapi seluruh dunia Islam. “Para ahli kami memantau kondisi Zamzam setiap hari, setelah mengambil tiga sampel air. Hasilnya, air Zamzam ternyata tidak terkontaminasi 
sumber: voa-muslim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar